settingan foto landscape di hp

Teknik Settingan Foto Landscape di Hp Agar Hasilnya Mantap

Posted on

Kegiatan potret-memotret dengan hp kini bukan sekedar hobi lagi, sudah jadi gaya hidup. Apalagi sekarang banyak smartphone yang dibekali kamera canggih dengan settingan layaknya ‘tukang foto’ profesional. Saat ketemu landscape pemandangan memukau nan instagramable, tangan pasti gatal untuk menjepret dengan beragam teknik layaknya fotografer handal.

Khusus untuk pengguna smartphone keluaran Xiaomi, kini juga dimanjakan dengan keberadaan aneka hp Xiaomi berharga murah yang sudah bisa menghasilkan foto yang amat sangat bagus. Banyak hp yang fitur settingan kamera-nya cukup wow.

Hp satu jutaan dengan spesifikasi seperti Redmi 6a saja sudah cukup bagus hasil fotonya.

settingan foto landscape di hp
ilustrasi settingan foto landscape – gambar: publicdomainpictures.net

Mengambil Foto Landscape di Hp

Landscape Photography atau dalam bahasa Indonesia bakunya disebut fotografi lanskap, adalah foto yang memuat gambar-gambar penampakan pantai, laut, gunung, sawah-sawah, hingga perbukitan hijau. Sederhananya, foto pemandangan. Biasanya pada saat berlibur ke spot-spot seperti ini, kita akan merasa wajib untuk mengabadikannya ke kamera hp.

Tapi biar hasilnya istimewa, menjepretnya jangan asal-asalan. Kita perlu tahu juga bagaimana tips, teknik, hingga settingan yang tepat agar foto yang dihasilkan bisa maksimal.

Banyak yang bilang bahwa mengambil foto landscape dengan hp ada sedikit unsur untung-untungan. Kadang bagus, kadang zonk. Hal ini karena gambar yang dihasilkan seringkali sangat bergantung pada momentum. Maka dari itu, hal paling utama adalah kita perlu jeli menemukan momen terbaik, termasuk angle atau sudut pengambilan foto-nya.

Begitu dapat momen dan sudut yang pas, langsung jepret aja.

Jangan sampai momen istimewa terlewatkan cuma gara-gara faktor alam. Misalnya seperti ketika hunting foto sunset, akan sayang banget jika mataharinya telat difoto gegara tertutup mendung.

Tips, Teknik, dan Settingan Foto Landscape di HP

Berikut ini saya ingin berbagi tips-tips ringan, tapi krusial, termasuk dalam hal teknik dan settingan foto landscape dengan menggunakan hp alias smartphone kesayangan. Ini gak cuma untuk Hp Xiaomi saja ya, bisa diterapkan untuk semua jenis smartphone.

1. Perhatikan garis horison

Satu ciri foto landscape yang enak dipandang, adalah keberadaan garis horison yang lurus memanjang. Kesalahan umum yang sering terjadi, kita jarang memperhatikan garis ini, sehingga tampilan gambar yang dihasilkan menjadi tidak sempurna.

Horison sebaiknya benar-benar lurus sehingga pemandangan yang ingin ditampilkan menjadi lebih tegas. Cara mengambil fotonya, kamera hp jangan miring. Misalnya untuk foto lautan, jika miring akan memberi kesan lautannya seperti tumpah.

2. Fokuskan pada objek tertentu

Intinya adalah, dalam sebuah foto, perlu ada satu objek yang bisa dijadikan sebagai pusat perhatian. Arahkan lensa smartphone pada objek yang menarik, baru kemudian eksplor area sekelilingnya untuk memperindah background. Misalnya ingin memotret gunung, jika ada gubug di situ maka kamu bisa menjadikannya sebagai titik fokus utama.

3. Teknik memilih komposisi

Ini memang soal pilihan. Misalnya mau lebih memperbanyak area untuk mendapatkan gambar langitnya, atau daratannya. Teknik yang paling tepat untuk menentukannya, tergantung pilihan masing-masing, mana yang mau dibuat lebih menonjol pada hasil potretnya nanti.

Komposisi umum yang biasanya dipakai adalah 3/4 vs 1/4, artinya bagian yang ingin ditonjolkan dibuat memenuhi tiga perempat layar dan sisanya untuk bagian yang lain.

4. Settingan untuk menjepret gerakan alam

Feeling dan intuisimu akan berpengaruh banyak. Gerakan ombak, awan, dedaunan bisa menjadi bumbu istimewa jika difoto pada saat yang pas. Tapi untuk bisa mengabadikan gerakan ini ke dalam gambar, perlu ada settingan khusus.

Untuk fotografer pro, umumnya perlu memakai settingan Long Exposure agar bisa menangkap gerakan-gerakan alam tersebut. Sedangkan untuk settingan foto di hp, tidak perlu ribet jika smartphone-nya punya kemampuan menangkap shutter berdurasi panjang (sampai 32 detik). Jika fitur tersebut belum ada di smartphone, kita bisa pakai aplikasi SnailCamera.

5. Pakai tripod

Agak ribet sih, karena menambah barang bawaan. Tapi jika memang punya niat hunting foto landscape yang bagus dengan hp, maka alat ini perlu.

Sangat perlu.

Fungsi utama tripod adalah membuat kamera tidak bergerak sehingga bisa mendapatkan gambar yang stabil. Selain itu, tripod juga bisa membantu untuk mendapatkan horison yang lurus seperti tips pada poin no. 1 di atas.

6. Cari waktu yang tepat

Waktu terbaik adalah sunset dan sunrise.

Dua momen inilah yang menjadi nyawa foto landscape.

7. Bagaimana jika cuaca buruk?

Terkadang cuaca tidak bisa diprediksi. Nah kalo terpaksanya sudah terjebak dalam cuaca yang tidak mendukung, misal tiba-tiba datang kabut atau mendung menghalangi cahaya, perlu teknik khusus dalam filter-nya. Tips jika mengalami situasi ini adalah, jadikan saja potret landscape-nya hitam putih sekalian. Suasana mendung dapat tertutupi dengan teknik editan foto jadi hitam putih.

KESIMPULAN:

Sepertinya itu saja dulu beberapa cara simpel mengenai tips jepret-menjepret pemandangan. Faktor keberuntungan memang tidak bisa dihindari, tapi kita tetap bisa memaksimalkan hasil potret dengan teknik dan settingan yang tepat. Yang penting tahu juga trik dan caranya.

Jika ada yang punya tips lain, monggo silakan bisa melengkapinya di kolom komentar.

Semakin banyak praktek, biasanya akan makin menguasai bahkan nanti bisa menemukan teknik serta settingan foto landscape di hp sendiri berdasarkan pengalaman masing-masing. Met njepret!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *