screen mirroring xiaomi ke tv

Tutorial Cara Screen Mirroring Xiaomi ke TV dengan Mudah

Posted on

Saat ini hampir semua tipe Xiaomi sudah dilengkapi dengan fitur screen mirroring seperti Redmi 3, 4x, 5a, plus, seri Note, Mi A1 dan tipe lainnya. Hampir tidak ada batasan untuk versi MIUI yang digunakan, mulai dari MIUI 6, 8, 9, 10 semua sudah bisa menggunakan fitur ini.

Nah pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi cara bagaimana screen mirroring Xiaomi Redmi.

Eh, ada yang belum tahu apa itu screen mirroring?

Screen Mirroring: Menghubungkan Layar HP ke TV

Simpel-nya, ini adalah fitur yang bisa digunakan untuk menghubungkan tampilan layar antara smartphone dan TV. Jadi ketika nanti sudah terhubung maka kamu bisa melihat semua tampilan yang ada di hp kamu berada di dalam TV. Jadi bisa melihat penampakan screen dengan lebih besar, mantap, dan jelas.

Syarat utama untuk menggunakan screen mirroring Xiaomi tidaklah banyak, yang paling utama dan terpenting adalah TV sudah harus support fitur ini. Bahasa lainnya, televisinya harus yang jenis Smart TV.

Jadi sebelumnya, cek dulu apakah TV kamu sudah termasuk Smart TV? Untuk cara cek dan mengetahuinya kamu bisa masuk ke menu pengaturan pada TV, lalu lihat apakah ada opsi untuk screen mirroring atau tidak.

Ada cara mudah lain untuk mengetahuinya. Silakan dilihat dulu apakah TV-mu sudah suport wifi apa belum. Biasanya, jika bisa wifi maka dapat dipastikan bisa juga melakukan screen mirroring. Untuk merk TV tidak ada ketentuan khusus, asalkan sudah memenuhi persyaratan di atas, merk TV apa saja bisa misalnya seperti Samsung, LG, Sony, Polytron, dll.

Baca: Daftar Harga Hp Xiaomi Dengan Layar Poni ( Notch )

screen mirroring xiaomi ke tv
gambar ilustrasi screen mirroring xiaomi ke tv – sumber: pexels

Cara Screen Mirroring di Xiaomi ke TV

Jika sudah siap, saatnya melakukan urutan langkah-langkah untuk menghubungkan hp Xiaomi ke layar televisi sebagai berikut:

1. Pertama, nyalakan smart tv lalu pergi ke menu pengaturan dan pilih screen mirroring.

2. Kedua, Buka hp Xiaomi dan nayalakan wifi.

3. Selanjutnya masuk ke menu pengaturan hp dan pilih menu more/lainnya.

4. Pilih “wireless display”, atau jika pengguna Mi A1 maka dapat mencari menu cast.

5. Jika sudah nanti akan muncul jaringan wireless tv, jika tidak ada ada silahkan cek pengaturan di bagian tv.

6. Untuk yang sudah muncul silahkan pilih nama merk televisi yang muncul di wireless display tadi, tunggu beberapa saat hinggan screen mirroring Xiaomi berhasil.

7. Selesai

Baca: Cara Menghubungkan Usb OTG Ke Hp Xiaomi Sudah Tahu?

Nah dengan mengikuti cara di atas maka kemungkinan besar dipastikan bisa berhasil.

Untuk yang televisinya belum support jangan berkecil hati, karena masih ada cara lain juga. Tapi ini hanya untuk pengguna Use TV Indihome, dimana kamu bisa menggunakan screen mirroring dengan bantuan Miracast yang ada di dalamnya.

Untuk caranya tidak jauh berbeda dengan yang sebelumnya, bedanya kamu harus membuka dan mengaktifkan pengaturan melalui menu wireless yang ada di Use TV.

Setelah membaca tutorial cara screen mirroring ke TV ini semoga sudah tidak ada yang bingung lagi. Jika tetap tidak bisa setelah mengikuti tutorial di atas, silahkan cek perangkatnya apakah ada masalah atau tidak. Atau bisa mencoba tipe hp lain milik teman, agar bisa memastikannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *