mengaktifkan otg xiaomi redmi

Cara Mengaktifkan OTG di Xiaomi Redmi (Untuk Semua Tipe)

Posted on

Hampir semua tipe Xiaomi keluaran baru kini sudah dilengkapi dengan fitur terbaru, yaitu OTG. Sebenarnya fitur ini sudah ada lumayan lama, dan mungkin perangkat Xiaomi yang kamu gunakan saat ini sebetulnya sudah suport, tetapi kamu belum tahu bagaimana cara mengaktifkan OTG di Xiaomi. Cara yang dibahas di sini berlaku untuk semua tipe.

Sebelumnya, sudah tahu apa itu OTG dan fungsinya kan?

Jika masih buta tentang OTG, ini adalah singkatan dari On The Go. Dengan menggunakan fitur ini, kamu dapat membaca perangkat lain ketika dihubungkan ke smartpone, misalnya flashdisk, USB, keyboard, dan lain-lain seperti layaknya membuka perangkat tersebut menggunakan PC.

Bahasa mudahnya, OTG membuat berbagai perangkat bisa terhubung ke smartphone. Contoh praktek penggunaannya, antara lain: langsung mencolokkan flashdisk ke hp sehingga data-datanya dapat terbaca di hp, menghubungkan keyboard ke hp sehingga ngetiknya bisa menggunakan keyboard, dan masih banyak implementasi menarik lainnya.

mengaktifkan otg xiaomi redmi
gambar ilustrasi mengaktifkan otg xiaomi redmi – sumber: pexels

Pertanyaan yang sering muncul dari para pengguna Xiaomi:

Apakah Xiaomi Redmi 2, 4x, Note 5a, Mi A1, S2 dll sudah support OTG?

Terlepas dari apapun tipe gadget Xiaomi-nya, cara mengetahuinya tidaklah terlalu sulit. Cukup cek saja spesifikasi hp pada bagian USB, apakah ada OTG atau tidak. Jika tidak support jangan khawatir, kamu masih bisa menggunakan aplikasi tambahan untuk menggunakan fitur tersebut yaitu dengan menginstal stickmount apk.

Nah bagi yang ingin mencoba mengaktifkan OTG di Xiaomi, silakan simak caranya yang akan dibahas di artikel ini.

Tetapi sebelum itu, pastikan kamu sudah memiliki USB OTG atau konektor lainnya sebagai penghubung ke Xiaomi nantinya. Jika belum punya, silahkan beli dulu, hehe. Harganya tidak terlalu mahal kok.

Baca: Hp Xiaomi dengan USB Tipe C – sudah tahu?

Cara Menggunakan USB OTG di Xiaomi

Langsung saja, berikut ini langlah demi langkahnya:

Pertama, hubungkan terlebih dahulu USB OTG dengan perangkat yang diinginkan.

Sebagai contoh misalnya flashdisk atau memory card yang datanya ingin dibuka menggunakan hp kalian.

Untuk menyambungkannya, colokkan konektor USB ke hp. Jika berhasil maka akan muncul pop up “USB storage connected”, tekan atau pilih pada bagian tersebut maka kalian akan langsung dialihkan ke USB file explorer. Dengan demikian data dari flashdisk tadi bisa terbuka dan d akses melalui hp Xiaomi kalian.

Baca: Daftar Hp Xiaomi yang sudah Support NFC

Oke, sekarang untuk pengguna Xiaomi yang perangkatnya belum support OTG kalian tidak perlu khawatir. Silahkan unduh terlebih dahulu aplikasi “stick mount” di playstore dan instal di Xiaomi kalian. Jika sudah, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Cara Menyambungkan OTG Di Xiaomi dengan Stickmount Apk

Pertama, hubungkan flashdisk ke hp melalui USB OTG konektor, maka nanti akan muncul notifikasi. Tunggu beberapa saat karena terkadang membutuhkan waktu untuk memproses data.

Jika pop up sudah muncul, tekan ok dan pilih mount, maka file explorer di flashdisk tadi sudah bisa dibuka.

Baca: Buat yang belum tau, begini cara menyembunyikan aplikasi di hp Xiaomi

Sebenarnya ini sangat mudah dilakukan jika sudah paham, hanya saja mungkin nanti diantara kalian akan ada yang menjumpai masalah seperti OTG tidak terbaca dll. Jika menemukan kasus seperti itu silahkan cek USB yang digunakan atau flashdisknya mengalami masalah atau tidak. Karena sering kali penyebabnya adalah justru pada flashdisk yang tidak support.

Demikian.

Semoga setelah membaca artikel cara mengaktifkan OTG di Xiaomi (Redmi untuk semua tipe) ini, kalian menjadi paham dan tidak bingung lagi ketika nanti menggunakannya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *